Jakarta – Toyota Indonesia untuk sekian kalinya mendapatkan urutan posisi diatas sebagai perusahaan otomotif kendaraan roda empat di Tanah Air dengan informasi yang diungkapkan terbaik kepada para pelanggan.Penghargaan ini adalah Indonesia Customer Service Index (CSI) Survey 2014 tersebut diberikan oleh J.D. Power Asia Pacific, yang merupakan lembaga jasa konsultasi marketing berskala global.
Survey ini dilaksanakan J.D. Power
terhadap 3.476 kepada pemilik kendaraan yang menerima pesanan kendaraannya pada
periode Februari 2012—Mei 2013, dan melakukan servis mobil di bengkel resmi
pada periode Agustus 2013 - Mei 2014.
Berdasarkan riset tersebut, Toyota
Indonesia mendapatkan nilai tertinggi dengan poin sebesar 770 poin. Nilai
tersebut di atas rata-rata dalam riset tersebut, yaitu sebesar 767 poin.
Toyota Indonesia perusahaan otomotif
mendapatkan poin teratas dalam CSI Study 2014 berdasarkan tiga faktor
pendukung, yaitu karena dianggap sebagai perusahaan otomotif dengan service
advisor, service facility, dan service quality terbaik.
Service quality merupakan faktor yang
mendukung dengan bobot paling tinggi pada CSI Study 2014, yaitu sebesar 30%
dari total penilaian. Pada faktor ini, Toyota berhasil menguatkan 772 poin atau
tumbuh pesat 15 poin dibandingkan dengan perolehan di faktor yang sama pada
tahun lalu.President Director PT Toyota Astra Motor, Hiroyuki Fukui, rasa
syukur dan terima kasih yang tak terhingga atas anugerah tertinggi yang
diperoleh Toyota Indonesia dalam CSI Study 2014.”ungkapnya
"Terima kasih kami ucapkan kepada
semua team di Toyota yang telah bekerja keras sehingga Toyota dapat meraih penghargaan
ini. Gelar ini tidak akan dapat diraih tanpa team work yang kuat dan
improvement yang terus-menerus dilakukan demi kepuasan pelanggan," ujar
Fukui, mengomentari penghargaan CSI Study 2014 yang diumumkan, Selain berkat
kerja sama semua team Toyota, lanjutnya, penghargaan tersebut juga tidak
terlepas dari peran pelanggan setia Toyota selama ini. Sehingga, untuk
memberikan apresiasi kepada pelanggan, Toyota akan selalu berupaya menghadirkan
produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan, serta layanan penjualan dan
purna jual terbaik yang melebihi harapan pelanggan.
“Kami juga selalu berupaya untuk tetap
menjaga kepercayaan dan selalu berusaha meningkatkan level kepuasan pelanggan
dalam setiap tahapannya. Dengan jumlah varian produk yang banyak, jumlah unit
penjualan yang tinggi, dan selaku APM dengan jaringan terbesar di Indonesia,
adalah tantangan bagi Toyota untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan
dari pelanggan,” tuturnya.
Sementara itu, Vice President Director
TAM, Suparno Djasmin, menambahkan bahwa CSI Study 2014 ini sebagai refleksi
dari pasar terhadap improvement yang selama ini dilakukan Toyota terhadap
pelanggan, yang merupakan bagian dari prinsip Toyota The Best Total Ownership
Experience.
“Prestasi ini merupakan wujud dari
komitmen kami untuk senantiasa menjaga kepuasan pelanggan dengan selalu
memberikan yang terbaik kepada mereka. Rasa syukur dan bangga atas penghargaan
ini akan kami wujudkan dengan terus meningkatkan serta mengembangkan layanan
bagi para pelanggan Toyota,” katanya.
Dijelaskan, dengan jumlah varian produk
yang banyak, jumlah unit penjualan tinggi, dan selaku APM dengan jaringan
terbesar di Indonesia, adalah tantangan bagi Toyota dalam mempertahankan kepercayaan
pelanggan.
Namun, lanjutnya, Toyota percaya bahwa
kesuksesan penjualan tidak hanya tergantung pada pengalaman konsumen pada saat
pembelian atau transaksi, melainkan juga bagaimana pengalaman konsumen saat
memiliki kendaraan atau aftersales.
“Karena itu, Toyota selalu menekankan
strategi pemasaran dan layanan berdasarkan The Best Total Ownership Experience
untuk memberikan kepuasan secara menyeluruh bagi pelanggan, mulai dari
ketersediaan informasi memadai mengenai produk, proses penjualan, bahkan hingga
pasca pembelian produk,”
urainya.
Lebih lanjut, dia mengungkapkan dengan
meningkatnya eskpektasi pelanggan terhadap kendaraan yang dimiliki, maka Toyota
harus memberikan inovasi yang tiada henti. Hal itu sejalan dengan konsep Toyota
dalam hal kaizen, di mana Toyota terus-menerus melakukan perbaikan dan
berinovasi untuk mencari terobosan baru demi kepuasan pelanggan dan kehidupan
yang lebih baik.
Penghargaan CSI Study 2014 merupakan
lompatan prestasi yang signifikan bagi Toyota Indonesia. Pasalnya, pada CSI
Study 2013 Toyota hanya berhasil menduduki peringkat ke-7, dengan poin sebesar
755.
Sebelumnya pada 2010, Toyota pernah
meraih peringkat pertama dari J.D. Power Asia Pasific untuk kategori Customers
Satisfaction Index (CSI) 2010, survei yang mempelajari kepuasan pelanggan
terhadap pelayanan dalam kepemilikan kendaraan, dengan nilai 758 poin dari 1000
poin.
Bahkan pada 2010, selain CSI Toyota juga
berhasil meraih J.D. Power untuk Sales Satisfaction Index (SSI) 2010 yang
menitikberatkan pada proses pembelian kendaraan dan menjadi cerminan upaya
peningkatan layanan secara keseluruhan yang dilakukan Toyota bagi kepuasan
pelanggan.
0 comments:
Post a Comment